Info Umum

Fakta Unik Tentang Piala Dunia 2018

piala dunia 2018 rusia

Piala dunia 2018 sebentar lagi akan digelar dan bertepatan dengan hari raya suci umat islam di Indonesia. Rencananya, piala dunia 2018 akan digelar pada 14 Juni hingga 15 Juli 2018 mendatang. Hal tersebut bertepatan dengan hari raya idul fitri untuk umat islam. Bertepatan pula dengan malam takbir. Hal ini seolah-olah benar-benar menandakan awal baru yang disambut dengan suka cita.

Perlu untuk anda ketahui bahwa dalam piala dunia 2018 ini tersimpan banyak fakta yang tidak kita ketahui. Fakta-fakta tersebut merupakan hal-hal yang terjadi dibalik lapangan yang megah ini. Selama ini kita hanya melihat dari sisi penonton saja tanpa tahu bahwa sebenarnya piala dunia 2018 memeberikan kunjungi website ini banyak kisah-kisah unik dan menarik bagi hidup kita. Berikut ini adalah beberapa fakta tersebut.

1. Tim dari kawasan Eropa selalu masuk final dan mendominasi dari sekian Negara yang ikut berpartisipasi

Mungkin fakta ini sudah anda ketahui sebelumnya. Selama mengikuti piala dunia dari tahun ke tahun, anda pasti akan melihat bahwa tim dari Negara-negara Eropa lah yang mendominasi tim yang masuk ke final secara keseluruhan. Jadi, jangan heran apabila di tahun ini, tim-tim dari Negara-negara Eropa lah yang akan anda lihat.

Sejak dulu, selama piala dunia diselenggarakan 19 kali, kemenangan telah diraih oleh tim dari Negara-negara Eropa sebanyak 17 kali. Dikarenakan Negara-negara baca selengkapnya yang turut ikut serta dalam piala dunia tersebut didominasi oleh benua Eropa. Namun, bukan berarti Negara non Eropa tidak memiliki kesempatan untuk menang. Hanya saja, melihat angka kemenangan dari Negara Eropa berturut-turut, banyak yang memprediksi bahwa piala dunia selanjutnya akan dimenangkan oleh tim dari Negara Eropa lagi.

2. Selama piala dunia berlangsung, Brazil merupakan pengoleksi trofi terbanyak

Jika anda menelitik lebih dalam lagi mengenai piala dunia yang sudah sering diadakan sejak dulu, Brazil selalu memegang kemenangan paling banyak. Selain Brazil, Italia juga memiliki banyak penghargaan yang didapat dari piala dunia. Dalam piala dunia periode 1958 hingga 2002, tercatat sudah bila Brazil telah mendapatkan tropi kemenangan piala dunia sebanyak 5 kali.

Sementara itu, Italia berhasil mendapatkan 4 tropi kemenangan pula. Tidak hanya Brazil dan Italia saja, Jerman juga menyusul kemenangan tersebut dengan asal berita dari website ini membawa pulang tropi sebanyak 3 kali. Setelah itu, kemenangan selanjutnya diraih oleh tim dari Negara Uruguay yang membawa tropi sebanyak 2 kali. Sungguh, hal ini merupakan prestasi yang membanggakan Negara-negara tersebut.

3. Rekor gol terbanyak oleh selama pertandingan berlangsung

Dalam satu pertandingan, seorang pemain yang bisa menghasilkan banyak gol berturut-turut sangatlah luar biasa. Hal inilah yang dirasakan oleh seorang striker timnas asal Rusia bernama Oleg Salenko yang telah berhasil membuat gol sebanyak 5 kali dalam satu pertandingan. Gol itu dibuatnya ketika menghadapi Kamerun pada fase grup piala dunia 1994.

Gol tersebut telah membawa rusia meraih kemenangannya dengan skor telak 5 – 1. Selain itu, pada piala dunia 1982, Hungaria juga juga membawa pulang kemenangan dengan skor telak 10 – 1 saat melawan El Salvador. Gol tersebut akhirnya menjadi gol yang bersejarah bagi Hungaria dan menjadi sebuah prestasi yang tidak dapat dilupakan.

Selain itu, Brazil juga tidak mau kalah. Ronaldo sebagai striker timnas Brazil menyandang gelar sebagai top scorer sepanjang masa piala dunia berlangsung. Ronaldo memang sudah dikenal sebagai pemain bola terbaik oleh masyarakat dunia. Namanya begitu melekat dengan Brazil, hingga akhirnya bisa membawa Brazil kepada kemenangan piala dunia berturut-turut.

Tidak ketinggalan juga Jerman yang memiliki referensi sumber artikel striker andalan mereka yaitu Miraslov Klose, ia juga mendapat gelar sebagai top scorer terbaik karena gol-golnya yang berhasil membawa nama Jerman menuju kemenangan piala dunia. Miraslov Klose memegang rekor gol terbanyak bersama Ronaldo selama periode piala dunia berlangsung.

Ada juga Negara Turki yang pada piala dunia 2002, seorang striker bernama Hasan Sukur telah berhasil mencetak gol tercepat. Ia mencetak gol hanya dengan durasi 11 detik saja ketika peluit kick-off ditiupkan oleh wasit. Meski bukan rekor gol terbanyak, Turki menyandang gelar sebagai rekor gol paling cepat di dunia selama piala dunia 2002 berlangsung.

4. Kartu merah yang paling cepat dikeluarkan oleh wasit

Kartu merah merupakan sebuah peringatan dari wasit apabila melihat pemain melanggar peraturan permainan. Kartu merah berarti pemain harus keluar dari pertandingan tersebut dan tidak diizinkan untuk mengikuti pertandingan kembali oleh wasit. Selama piala dunia berlangsung, kita pasti telah melihat seorang wasit yang mengeluarkan kartu merah kepada beberapa pemain yang melanggar aturan.

Namun, pada kasus kali ini, kartu merah menjadi yang paling cepat dikeluarkan oleh wasit kepada pemain Bek Uruguay yaitu Jose Bartista. Pada detik ke 56 setelah peluit pertandingan berbunyi, seorang wasit mengeluarkan kartu merah untuknya setelah ia melakukan tekel dari belakang kepada Gordon Strachan selaku pemain gelandang dari Skotlandia.

Saat itu terlihat bahwa wasit tidak segan-segan mengeluarkan kartu merah sesaat setelah Gordon terjatuh akibat tekel yang ia terima. Para pemain dari Bek Uruguay pun tidak terima terhadap keputusan wasit yang dinilai terlalu berlebihan. Namun hal tersebut tidak bisa mengubah keputusan wasit. Kartu merah tetap dikeluarkan, dan pertandingan harus kembali berjalan.

5. Tahun 2014 dikenal sebagai Piala Dunia termahal

Hingga saat ini, piala dunia yang memecahkan rekor biaya termahal adalah Brazil pada tahun 2014 yang biayanya mencapai lebih dari 15 milyar dollar Amerika ini. Pada tahun 1994, Amerika menghabiskan budget sebanyak 30 juta dollar. Kemudian disusul oleh Perancis yang lihat disini pada tahun 1998 sebesar 340 juta dollar. Di tahun 2002, budget mengalami kenaikan lagi oleh Jepang – Korsel hingga 5 milyar dollar.

Kemudian pada tahun 2006, Jerman memgang biaya 6 milyar dollar. Lalu pada tahun 2010 biaya mengalami penurunan oleh Afrika Selatan sebesar 4 milyar dollar.

6. Pada piala dunia 2026 mendatang, fase grup akan diikuti oleh 48 tim.

Pada piala dunia 2026 nanti, rencananya 48 tim dari berbagai Negara di belahan dunia akan mengikuti fase grup piala dunia 2026. Hal ini seperti yang dilansir dari sosial media resmi FIFA World Cup. Awalnya, hanya ada 32 tim saja yang ikut serta.
Kemudian, hal tersebut berubah menjadi diikuti oleh 48 tim dari Negara yang berbeda-beda.

Berapa pun jumlah tim yang akan ikut serta, piala dunia ini pantas untuk kita tunggu. Karena akan sangat seru sekali menonton pertandingan piala dunia dan memfavoritkan tim yang menjadi andalan kita.

Itulah beberapa fakta piala dunia yang harus anda ketahui sebelum menjelang Piala Dunia 2014 berlangsung. Sudah siapkah anda untuk menyambut datangnya piala dunia setelah Hari Raya Idul Fitri usai nanti?

Leave a Reply

Your email address will not be published.