Info Olahraga

Penjaga Gawang Inggris Paling mahal di Liga Premier Inggris

Penjaga Gawang Inggris Paling mahal di Liga Premier Inggris

Penjaga Gawang Inggris Paling mahal di Liga Premier Inggris – Everton telah menyelsaikan transfer penjaga gawang muda Jordan Pickford yang diambil dari Sunderland. Penjaga gawang berusia 23 tahun ini dibanderol dengan biaya hingga 25 jt poundsterling yang dapat bertambah hingga 30 jt poundsterling bergantung dari performa individu dan tim. Ia telah meneken kontrak sepanjang 5 tahun untuk The Toffees. Banderolan mahal ini membuat Pickford sebagai penjaga gawang Inggris paling mahal. Siapa sajakah kiper termahal didalam sejarah Premier League selain Pickford? Di bawah ini daftarnya:

Richard Wright

Tahun: 2001
Dari: Ipswich
Ke: Arsenal
Biaya: 6 juta pounds

Tampaknya Steve Simonsen akan memecahkan rekor penjaga gawang Inggris paling mahal di saat ia dibeli oleh Everton dari Tranmere di tahun 1998 lalu dengan harga transfer yang dapat mencapai 3,3 jt poundsterling. Akan tetapi, Simonsen tidak dapat memenuhi persyaratan untuk mendapatkan extra bonus dengan demikian ia tidak berhasil memecahkan rekor hingga Arsenal membeli Richard Wright di tahun 2001. Walaupun begitu, pasca tidak mampu menggeser penjaga gawang utama David Seaman, ia hengkang dari klub setelah hanya 12 bulan untuk bermain bersama Everton.

Chris Kirkland

Tahun: 2001
Dari: Coventry
Ke: Liverpool
Biaya: 6 juta pounds+

Tidak lama seusai Richard Wright hijrah ke London, Chris Kirkland dibeli oleh Liverpool pada hari yang sama ketika mereka memboyong Jerzy Dudek. Kirkland kala itu baru berumur 20 tahun dan Coventry mempublikasikan bahwa harga transfernya sedikit lebih tinggi dibandingkan saat Arsenal memboyong Wright. Kedatangan Dudek dan serangkaian cidera menjadikan Kirkland tidak sempat memperlihatkan potensinya di Liverpool.

Craig Gordon

Tahun: 2007
Dari: Hearts
Ke: Sunderland
Biaya: 9 juta pounds

Sunderland mengalirkan dana yang cukup tinggi untuk seorang penjaga gawang 8 tahun silam saat mendatangkan Gordon dari Hearts setelah pulang ke Premier League. Cidera juga menghambat berjalannya Gordon dan malah pesepakbola ini sempat tidak dapat ikut bertanding selama 2 tahun setelah dijual Sunderland di tahun 2012. Musim lalu Gordon menolong Celtic merengkuh treble domestik dan pesepakbola berusia 34 tahun tersebut diberitakan sempat menarik perhatian Chelsea pada pasar transfer Januari kemarin.

Fraser Forster

Tahun: 2014
Dari: Celtic
Ke: Southampton
Biaya: 10 juta pounds

Kehadiran Gordon ke Celtic mengharuskan Fraser Forster angkat kaki dari klub dan pindah ke Southampton dengan meraih rekor transfer. Manager Ronald Koeman ketika itu menghadirkan Forster setelah ia memperoleh rekor cleansheet 13 kali secara berturut-turut di Liga Skotlandia. Ia kembali berkiprah di Inggris usai memperkuat timnas Inggris pada Piala Dunia 2014 walau tidak menjadi opsi utama di turnamen tersebut.

Jordan Pickford

Tahun: 2017
Dari: Sunderland
Ke: Everton
Biaya: 30 juta pounds

Everton meraih 2 rekor transfer ketika mendatangkan penjaga gawang muda Sunderland. Mereka tak hanya memecahkan rekor penjaga gawang paling mahal tetapi juga memecahkan rekor transfer klub yg terlebih dahulu dibuat oleh Romelu Lukaku di tahun 2014 kemarin saat pindah dari Chelsea. Penjaga gawang berusia 23 tahun tersebut bakal menjadi kiper utama di Everton setelah performa Joel Robles dan Maarten Stekelenburg tidak memuaskan sepanjang musim lalu.

Transfer Terbaik Jose Mourinho

MU sedang sering dihubung-hubungkan dengan kepulangan Cristiano Ronaldo. Andaikata MU dapat mewujudkan transfer itu dijamin bintang Real Madrid tersebut jelas dapat menjadi salah satu keputusan terbaik Jose Mourinho. Ronaldo merupakan pesepakbola yang cukup fenomenal dan terbukti sanggup menjuarai banyak piala. Walau usianya saat ini telah menginjak 32 tahun tetapi pemain Portugal tersebut masih tetap ganas di medan pertempuran. Pemain Real Madrid tersebut tentu saja akan menyumbangkan kontribusi yang besar buat MU. Mourinho tentu sudah sering melakukan pembelian pemain didalam karirnya. Akan tetapi, hanya sedikit yang dapat dianggap sebagai bandrolan terbaiknya. Di bawah ini 5 pembelian terbaik Jose Mourinho:

Mesut Ozil – Luka Modric dihadirkan oleh Jose Mourinho di tahun 2012 dan kemudian berperan sebagai pemain vital Madrid. Akan tetapi, Dirinyalah yang amat penting bagi keberhasilan Mourinho selama 3 tahun di Spanyol setelah memboyong Ozil tak lama seusai Mourinho ditunjuk sebagai manajer. Ozil melekat dengan seketika setelah berseragam Madrid dan angkat kaki ke Arsenal 3 tahun kemudian usai mengemas 47 assist di Liga Spanyol. Kepergiannya sempat disesalkan oleh pemain-pemain senior Los Blancos.

Samuel Eto’o – Saat Ibrahimovic beralih ke Barcelona di awal musim 2009/10, Inter Milan tak cuma mengantongi uang 46 jt euro tetapi juga memperoleh Samuel Eto’o. Hal tersebut selanjutnya terbukti sebagai bisnis yang tepat. Eto’o langsung beradaptasi dengan gaya permainanan Inter dan berperan sebagai pemain yang sangat penting saat memenangkan 3 piala utama sekaligus yaitu Serie A, Coppa Italia dan Liga Champions. Ia menyelesaikan karirnya di Inter pada tahun 2011 setelah mengoleksi 53 gol. Periode ke-2 nya bersama Mourinho di Chelsea tidak begitu gemilang tetapi ia berhasil memperoleh hattrick saat melawan MU dan mengoleksi 12 gol dari 35 laga untuk The Blues.

Michael Essien – Menurut Mourinho Essien merupakan pemain yang sangat loyal, buktinya Mourinho telah merekrutnya sebanyak 2 kali saat di Chelsea dan di Real Madrid. Essien masuk ke dalam satu diantara pemain kesayangan Mourinho. Pesepakbola asal Ghana tersebut adalah salah satu defensive midfielder terbaik di Eropa sepanjang beberapa musim pertama di Chelsea dan amat dicintai oleh suporter The Blues. Ia memegang status Pemain Terbaik Chelsea pilihan para pendukung di tahun 2007 dan telah menorehkan gol yang luar biasa menghadapi Barcelona.

Ashley Cole – Ashley Cole akan dicatat didalam sejarah sepak bola sebagai satu diantara defender kiri paling baik yang sempat bermain di Premier League. Kepergian Cole ke Stamford Bridge diselimuti kontroversi tetapi ia cukup dapat diandalkan dan kemudian menjuarai banyak titel bersama Chelsea.

Didier Drogba – Tak diragukan lagi bahwa Didier Drogba merupakan salah satu keputusan terbaik Jose Mourinho. Kontribusinya semenjak hijrah ke Stamford Bridge pada musim panas 2004 sungguh luar biasa. Ia merupakan satu diantara pemain terbaik Chelsea usai mengoleksi 164 gol dalam 2 periode yang indah bersama Chelsea.

Leave a Reply

Your email address will not be published.