Info Traveling / Info Umum

Pesona Bahari Wisata Pantai Ngliyep

Kamu pernah dengar tentang wisata Pantai Ngliyep? Pantai yang ada di kabupaten Malang, provinsi Jawa Timur ini mempunyai sejuta pesona yang bakal membuat siapa pun takjub. Pantai itu memiliki jarak 62 km dari Malang ke selatan, pastinya di Desa Kedungsalam, Donomulyo. Wilayah Ngliyep adalah sebuah area Taman Pariwisata dengan luasnya 10 ha yang terhimpun dari zona hutan lindung, pariwisata pantai, homestay, serta area parkir.

Akses ke lokasi Taman Wisata itu sudah lengkap hingga bisa mudah didatangi oleh semua wisatawan yang mau berkunjung. Indahnya alam yang tetap natural dan tidak banyak tersentuh tangan manusia membuat pantai ini amat cocok untuk siapa saja yang mau sejenak menyepi diri dari keriuhan kota dan melarung kejenuhan di laut lepas Pantai Ngliyep. Harga karcis masuknya yang pas buat kita semua yang mau berlibur namun dengan budget terbatas jika tidak memiliki gaji yang cukup.

Kombinasi pasir putih, lautan biru, bebatuan karang, tebing curam, dan hijaunya hutan lindung membangun pemandangan alam yang sangat mempesona. Suara gemuruh ombak dan udara yang adem akan seolah olah menghipnotis kamu tuk tetap ada disini memandangi segala keelokannya. Tidak jauh dari pinggir pantai, kalian bakal melihat satu pulau kecil yang disebut Gunung Kombang. Tuk bisa sampai ke pulau ini, wisatawan harus melintasi jembatan kayu. Dari Gunung Kombang, kamu bisa memandang sunrise dan sunset amat indah dan eksotis juga wisatawan dari berbagai kalangan sangat menikmati pemandangan ini.

Menurut kisah masyarakat, disanalah tempat tuk melakukan ritual yang bersinggungan dengan penguasa pesisir laut selatan, Nyi Roro Kidul. Tiap bulan Maulud didalam penanggalan Jawa, cocoknya tanggal 15, area Pantai Ngliyep bakal amat ramai sebab biasanya digelar acara ritual Labuhan. Agenda ini adalah suatu upacara pengorbanan, yang mana warga sekitar mengorbankan kepala binatang ternak semacam sapi ataupun kambing lalu melarungnya ke tengah-tengah laut sebagai sesajen. Katanya, ritual ini dahulu digelar tuk menghindarkan dari wabah sindrom menular yang ketika itu tengah menginvasi penduduk disana.

Fasilitas yang disediakan di obyek wisata ini telah cukup lengkap, misalnya penginapan, rumah makan, rest room, pondok, pos kesehatan, tempat ibadah, dan area parkir. Jika kamu mau lebih lama memandangi suasana di wisata bahari Pantai Ngliyep, kamu bisa sewa penginapan yang harganya terjangkau, hanya Rp 100.000 per malamnya.

Obyek wisata satu ini bisa dicapai lewat 2 rute, yakni Karangkates dan Kepanjen. Bila lewat rute Karangkates, kamu bisa naik angkutan umum warnanya putih dengan kode angkutan GN2 dengan kurun waktu tempuh kira-kira 1 jam atau bisa lebih jika mangkal. Sementara jika lewat rute Kepanjen, kamu bisa menyewa angkutan umum yang berwarna oranye dengan kode angkutan GN1 dengan kurun waktu tempuh kira-kira 2 jam dari tengah-tengah Kota Malang atau bisa lebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.