Info Traveling / Info Umum

Wisata Rekreasi Antimainstream Ada di Mojokerto

Candi Jalatunda

Kalian lagi mencari obyek wisata di Mojokerto yang antimainstream? Pas sekali, artikel ini bakal mengulas sebagian tempat ramai yang harus kamu kunjungi kala traveling ke Mojokerto. Sedikit tentang Mojokerto, kota semacam ini adalah salah satu wilayah di Jawa Timur.

Kota Mojokerto yang memiliki jarak kira-kira 50.1 km dari arah kota Surabaya barat daya ini mempunyai cukup banyak tempat wisata yang ramai dan disayangkan untuk kamu lewati begitu saja. Nah, apa aja sih obyek wisata yang perlu kamu kunjungi di Mojokerto? Cek ini supaya kamu tidak penasaran dan bisa segera kesana bersama teman dan sahabat karib.

Air Terjun Dlundung

Kamu suka dengan wisata alam? Maka lokasi satu ini harus kamu kunjungi saat menjejakkan kaki di kabupaten Mojokerto. Air Terjun Dlundung menyuguhkan nuansa alam gunung yang alami dan adem, disertai lebatnya pepohonan hijau yang asri dan merefreshkan mata. Alamat obyek wisata ini pun tak terlalu jauh dari tengah-tengah kota Mojokerto, yakni tidak lebih dari 39 km ke selatan darinya, tepatnya ada di Desa Kemloko, Trawas. Kamu bisa ke obyek wisata ini dengan naik kendaraan pribadi atau kendaraan sewaan.

Candi Bajangratu

Candi Bajangratu adalah satu dari beberapa obyek wisata di Mojokerto dan berada di Desa Temon, Trowulan. Candi ini amat eksotis lantaran terbuat dari batu bata merah bentuknya mirip semacam gapura dengan adanya sayap di kanan dan kiri. Pada zaman dulu, candi ini dijadikan sebagai gerbang masuk monumen suci. Di dalam konstruksi candi ada relief kepala garuda, kepala dewa kala yang terhapit singa, matahari terhapit naga, dan binatang secara telinga yang tidak pendek. Sementara pada kaki candi ada relief kisah Sritanjung dan kisah Rama di bagian sayap.

Candi Jalatunda

Jika kamu suka dengan wisata sejarah, Candi Jalatunda pun harus ada didalam agenda traveling kamu. Candi ini berada di lereng kaki Gunung Bekal, pastinya di Desa Seloliman, Trawas. Menurut histori, candi ini awalnya dipersiapkan tuk raja Bali, aja Udayana, yang mau mempersunting sesosok putri dari bangsa Jawa yakni putri Gunapriyadharmapatni, yang akhirnya melahirkan Airlangga menjadi buah dari perkawinan mereka. Konstruksi candi ini dibuat dari batu kali memiliki ukuran 16,85 x 13,53 m, dan setinggi 5,20 m.

Kolam segaran

Kolam segaran adalah sebuah kolam raksasa dan pada zaman dulu dijadikan menjadi tempat jamuan para tamu bangsawan dari kerajaan Majapahit di masa pemerintah Raja Hayam Wuruk. Konon, alat-alat makannya dibuat dari emas, piring, sendok, garpu, cangkir, teko, nampan, dan lain-lainnya untuk makan.

Untuk mengekspos kekayaannya, usai menjamu semua tamu, peralatan makan itu dilemparkan ke dasar kolam menjelang mereka pulang. Kolam itu berada di Desa Segaran, Trowulan, wilayah 550 m bagian selatan dari jl. raya Mojokerto-Jombang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.